Tuesday, September 15, 2015

Daftar Tempat Wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

ropinsi Kepulauan Bangka Belitung  Sebenarnya hanya terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang juga di kelilingi pulau-pulau kecil. Sebelum Kapitulasi Tutang sebenarnya Pulau Bangka dan Pulau Belitung adalah salah satu daerah yang pernah di takhlukkan oleh Kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan Mataram. Kemudian wilayah Bangka Belitung menjadi salah satu daerah jajahan dari Inggris yang kemudian diserahkan kepada pemerintah Belanda dan perjanjian serah terima diadakan di Muntok pada tanggal 10 Desember 1816.

Ketika dalam masa penjajahan Belanda, banyak terjadi perlawanan yang tiada henti-hentinya dilakukan oleh Depati Barin yang kemudian dilanjutkan oleh seorang puteranya yang bernama Depati Amir kemudian berakhir dengan pengasingan ke daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur oleh Pemerintahan Belanda. Selama dalam masa penjajahan tersebut banyak kekayaan yang berada di pulau ini diambil oleh para penjajah.

Pada era milenium abad ke 20 Propinsi Kepulauan Bangka Belitung kemudian ditetapkan sebagai salah satu propinsi yang ke-31 oleh Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan sebuah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya adalah salah satu bagian dari Propinsi Sumatera Selatan. Ibukota propinsi ini terletak di Pangkalpinang.


Wisata Bahari yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka belitung
Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Mabai
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Penyaeran
Pantai Marina
Pantai Tanjung Kiras
Pantai Teluk Gembira
Pantai Penyabong
Pantai Batu Lubang
Pulau Lengkuas dan Mercusuar
Pulau Burung
Pulau Babi (Pulau Kepayang)
Pulau Batu Dinding
Bukit Berahu
Kampung Nelayan Tanjung Binga
Wisata Alam yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pantai Awan Mendung
Pemandian Alam Jerry
Air Terjun Batu Mentas
Air Terjun Gurok Beraye (Gunung Tajam)
Bukit Batu Baginde
Pemandian Alam Tirta Marundang Indah
Air Terjun Gunung Pading - Bangka Selatan
Air Terjun Perimping - Bangka
Air Terjun Sadap - Bangka Tengah
Wisata Kerajinan yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung
Batu Satam (Batu Meteor)
Terindak
Kerajinan Tangan
Penyu
Kerajinan Kerang
Kerajinan Tangan Satam
Tempat wisata secara Keseluruhan di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung :
Pantai Parai Tenggiri
Pantai Matras
Pantai Tanjung Pesona
Pantai Rebo
Pantai Batu Berdaun
Pantai Pasir Padi
Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan
Pantai Teluk Uber
Gunung Maras
Tanjung Kelayang
Tanjung Binga
Tanjung Tinggi
Pulau Lengkuas
Pantai Punai
Pantai Tanjung Pendam
Pantai Bukit Batu
Flora dan Fauna yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kantong Semar
Anggrek Hutan
Pelilean
Nibong Palai
Pakis Sutra
Pelanduk
Simpor
Sarang Semut
Tupai Selat Nasik
Kupu - Kupu
Madu

Seni Budaya yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung

Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari bermacam-macam etnis telah berbaur sekian lamanya dan dapat hidup secara berdampingan. Aneka ragam dan macam-macam adat istiadat yang ada di Kepulauan Bangka Belitung membuat pulau Belitung begitu kaya akan seni budaya. Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya terdiri dari berbagai macam suku seperti suku melayu, tionghoa, bugis dan berbagai macam suku yang lainnya. meskipun sudah didominasi oleh suku melayu, walaupun demikian di dalam perkembangan dari seni budaya masing-masing suku masih tetap terpelihara dengan sangat baik.

Adat istiadat yang di jalankan biasanya diselenggarakan per periode sesuai dengan perhitungan waktu seperti nirok nanggok yang dilakukan pada saat musim kemarau atau Maras Taun yang diadakan pada saat musim panen begitu juga kebudayaan ceng beng yang juga diadakan dalam satu tahun sekali oleh penduduk tionghoa. Bukan hanya itu saja, akan tetapi kebudayaan tradisional yang menjadi hiburan rakyat telah turun-temurun dan memberikan ciri khas tersendiri di setiap desa/tempat yang ada seperti drama tradisional masyarakat dul muluk dari desa Membalong dan permainan lesong panjang serta musik stambul yang berasal dari pulau selat nasik. Keseimbangan di antara kategori kebudayaan ini membuat hubungan masyarakat menjadi semakin erat antara satu dengan yang lainnya.

Kesenian Budaya Lain yang ada di Kepulauan Bangka Belitung :
Maras Taon
Beripat Beregong
Berinai
Betiong
Mauludan
Mandi Besimbor
Tari Sembah
Tari Tulak Balak
Dul Mulok
Fasilitas Transportasi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung :

Transportasi Darat
Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung menggunakan sarana transportasi umum seperti minibus dan kendaraan umum yang lainnya. Di Tanjungpandan juga tersedia penyewaan mobil untuk yang membutuhkan jasa penyewaan kendaraan dan dapat di gunakan untuk melakukan perjalanan di Belitung.

Transportasi Laut
Untuk sarana transportasi laut, pada saat ini dapat menggunakan jasa yang dilayani oleh kapal Pelni dengan rute perjalanan Jakarta-Belitung maupun Belitung-Kalimantan dan begitu juga sebalikya. sedangkan perjalanan untuk menuju ke ibukota propinsi Bangka Belitung, jika menggunakan sarana laut dapat menggunakan fasilitas Jetfoil/Kapal cepat.

Transportasi Udara
Sedangkan untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang, maskapai penerbangan juga rutin melakukan perjalanan melalui udara dengan rute tujuan Jakarta-Tanjungpandan dan begitu pula sebaliknya serta  Palembang, Pangkal Pinang, Tanjungpandan dan sebaliknya melalui Bandara H. A.S Hanandjoedin Belitung.

No comments:

Post a Comment