Wednesday, March 26, 2014

Kliping Koran Pontianak Post Tentang Blog Caleg Kalbar 2014

Tergerak untuk ikut menyukseskan pemilu, Muhammad Fajrin rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat blog berisi nama-nama seluruh calon anggota legistlatif. Dalam blog tersebut, masyarakat luas bisa mengakses data peserta pemilu secara detail.

MENJELANG pemilihan umum, informasi mengenai siapa akan yang akan dipilih dirasa sangat penting. Namun informasi itu ternyata tidak selalu tersedia. Kalaupun ada, informasi yang diperoleh kurang lengkap.“Satu provinsi. Tetapi orang-orang tersebar di berbagai wilayah. Ada yang di Ketapang. Ada yang Landak. Kita tentu membutuhkan informasi mengenai siapa yang akan kita pilih. Tidak semua orang bisa baca koran. Koran juga tidak setiap hari memuat nama-nama calon. Karena itu kita butuh sarana yang bisa diakses. Saya pikir blog adalah sarana yang memungkinkan, selain mudah diakses juga murah,” jelasnya.

Atas alasan inilah Muhammad Fajrin berinisiatif membuat blog yang berisi nama-nama calon anggota legislatf secara lengkap mulai dari DPRD kota atau kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI hingga Dewan Perwakilan Daerah. “Kalau informasi mengenai siapa yang akan dipilih saja kurang tersedia, bagaimana bisa mengetahui sosok mereka? Bisa saja masyarakat salah memilih,” kata Fajrin, beberapa waktu lalu. 

Fajrin lantas mendesain blog gratisan di internet. Untuk data mengenai semua caleg didapat dari KPU Provinsi. Setelah mendapatkan salinan nama-nama caleg itu, Fajrin lantas mengetik satu persatu nama mereka berdasarkan daerah pemilihan masing-masing. “Saya ketik satu persatu sambil ngopi di warkop. Nama-nama yang sudah ada lalu saya masukkan ke blog,” kata alumni Fakultas Hukum Untan itu. Blog karya Fajrin bisa diakses di alamat: calegkalbar.blogspot.com.(Seharusnya www.calegkalbar2014.blogspot.com) Semua daftar nama caleg ada dalam blog tersebut sehingga pembaca bisa dengan mudah mencari nama caleg yang hendak mereka pilih. 

Fajrin sudah mengerjakan blog ini sejak bulan April 2013. Dia meng-entry sendiri data dan informasi yang ada dalam blog. Karena banyaknya data, dia biasa mengutak-atik blog tersebut hingga berjam-jam. Fajrin merogoh kocek pribadi untuk mengerjakan blognya tersebut. “Biayanya murni dari sana sendiri. Saya kerjakan di warung kopi,” jelasnya. 

Fajrin mengaku hanya ingin mengenalkan para caleg pada masyarakat luas. Menurut Fajrin, selama ini banyak yang tidak mengenal siapa saja calon yang bertarung dalam pemilu. “Pendidikan politik itu bukan hanya mengajak, tapi juga harus memberikan informasi siapa yang layak untuk dipilih. Ini lho calon provinsi, ini lho calon kabupaten, ini lho calon DPD,” tambahnya. 

Blog merupakan sarana informasi yang sangat mudah diakses di mana pun asalkan masih tersedia akses internet. Dibanding baliho, penggunaan blog dirasa lebih luas jangkauannya. “Sekarang hampir semua orang punya handphone yang bisa akses internet.  Sehingga sangat mudah sekali untuk mengakses blog ini,” jelasnya. 

Informasi dalam blog ini ternyata dimanfaatkan sejumlah caleg untuk mengenalkan profil mereka pada para pemilihnya. Satu diantaranya dilakukan Edwin, salah seorang caleg dari Partai Keadilan Sejahtera. “Adanya blog ini mempermudah saya. Sekarang yang pakai telepon seluler sudah banyak. Saya tinggal kirim link ke orang. Saya juga bisa tahu siapa saja yang bertarung,” kata Edwin.Edwin mengaku sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan Fajrin. Menurutnya tidak banyak anak muda yang memiliki kepedulian seperti Fajrin. “Jarang ada anak muda yang peduli dengan pemilu. Tapi Fajrin justru mengorbankan waktu untuk membuat blog,” ujarnya. (*) 

Sumber : http://www.pontianakpost.com/metropolis/13909-rogoh-kocek-pribadi-rela-habiskan-waktu-berjam-jam.html

No comments:

Post a Comment