Monday, September 21, 2015

Tips Memilih Tas Untuk Traveling

Untuk memulai traveling sebaiknya kita memperhatikan Tas atau ransel yang akan digunakan. Ada 3 Poin utama untuk memilih Tas/Ransel tersebut, yaitu :

1. Desain

Pilih tas yang memaksimalkan ruang. Tas dengan dimensi mendekati persegi akan lebih maksimum dalam memanfaatkan ruang, sedangkan yang dimensinya cenderung “aerodinamis” atau melengkung justru mengurangi ruang. Selain dimensi, bahannya harus kuat, sambungan dan retsletingnya jika ada harus berkualitas tinggi. Cari tas yang banyak kompartemennya. Jika tidak, belilah kantong-kantong kecil (pouch) yang bisa mengorganisir bagian dalam tas. Warna bebas sesuai selera, namun jika bisa unik maka lebih baik karena mempermudah pencarian ketika mengambil bagasi, misalnya.

2. Ukuran

Pejalan independen akan selalu mengutamakan membawa bagasi dalam kabin saja, sehingga harus menuruti ukuran maksimum kabin maskapai pada umumnya, sekitar 105 – 185cm total dengan menjumlah panjang, tinggi dan lebar tas. Jika memilih ransel, usahakan memilih yang ramping tetapi tinggi, daripada pendek tapi melebar. Jika harus memiliki tas seret atau koper, usahakan yang kecil atau sedang. Perhatikan ukuran maksimum bagasi kabin.

3. Muatan

Sebisa mungkin, cari tas yang ukurannya bisa menampung baju minimal tiga pasang dan maksimum tujuh pasang. Tujuan utamanya di sini adalah agar perjalanan itu mudah dan jika bepergian dengan pesawat, tidak perlu melakukan baggage check-in. Pertimbangkan juga isi tas lain seperti misalnya peralatan elektronik, alat mandi, dokumen, dan lain sebagainya. Satu atau dua tas cukup untuk setiap perjalanan. Pertimbangkan juga kekuatan maksimum tas tersebut, misalnya sekian kilogram atau liter.

Setelah memperhatikan hal diatas, sebaiknya kita juga mulai memperhatikan hal-hal sebagai berikut secara terperinci agar perjalanan kita tidak terbebani oleh barang-barang yang akan kita bawa.

1. Memilih jenis

Pilih tas carrier, tas biasa, koper atau yang lain. Untuk traveling dalam acara kantor sebaiknya anda menggunakan koper karena terlihat lebih formal dan juga lebih simple dalam menata isinya, tetapi kelemahan koper adalah tidak bisa digunakan ketika hiking atau tracking.  Sedangkan untuk traveling pribadi gunakan tas carrier atau semacam ransel karena lebih muat banyak juga bisa digunakan  untuk medang menantang seperti naik gunung, dll.

2. Memilih ukuran

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan barang muatanmu.  Kamu bisa mengukur barang muatanmu dengan menatanya di meja sesuai kondisi di dalam tas dan mengukurnya, lalu carilah ukuran yang sesuai.

3. Memilih desain tas

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.  Misalnya kamu butuh berapa kantong, bagaimana bentuk desainnya apakah membuat kamu tambah keren atau tidak.  Sesuaikan juga dimana letak resleting agar terlihat keren, dll.  Tentu saja jangan lupa coba ta situ, apakah kamu tambah keren menggunakan itu?

4. Menilai kekuatan Tas

Jangan lupa setelah memilih jenis, ukuran dan desain menilai kekuatan tas juga penting.  Kamu bisa menilai apakah tas ini mampu membawa barang bawaanmu? Jangan-jangan jebol jika dimasukin barang bawaanmu.  Jadi menilai kekuatan tas juga penting

JENIS-JENIS TAS

1. CARRIER

Carrier merupakan tas ransel yang cocok untuk perjalanan panjang karena mudah dibawa kemana-mana. Pilihlah ukuran tas carrier sesuai kebutuhan. Untuk perjalanan singkat bisa menggunakan carrier kapasitas 30-40 liter. Dan jika perjalanan cukup panjang dan membutuhkan menginap, carrier ukuran 50 liter dirasa cukup. Lokasi dimana kegiatan akan dilakukan juga akan sangat mempengaruhi pertimbangan kita dalam hal memilih jenis tas yang tepat yang akan kita gunakan nantinya. Jangan lupa membungkus perlengkapan/pakaian dengan bahan yang tidak tembus air seperti trash bag. Pilihlah bahan tas yang tahan air, kalau perlu lengkapi dengan penutup ransel (cover bag).  Dalam memilih carrier usahakan yang sesuai dengan proporsi tubuh dengan tali bahu yang nyaman. Untuk persiapan mengepak barang ada baiknya bila barang yang ringan ditaruh di bagian bawah dan barang yang berat sebisa mungkin ditempatkan di bagian paling atas. Hal tersebut dilakukan karena kemampuan pundak untuk menahan berat lebih baik daripada kemampuan pinggang dan punggung.

2. DAYPACK

Daypack adalah jenis tas ransel dengan kapasitas sebanyak 18-24 liter. Karena tas ini ga dipake untuk waktu yang lama maka biasanya tas ini hanya berisi satu atau dua pasang baju salin, botol minum, makanan, dokumen, atau peralatan mandi. Jenis tas ini nyaman digunakan, bahkan ada beberapa jenis daypack khusus untuk membawa kamera atau laptop sehingga aman meskipun dibawa dalam perjalanan jauh. Sehingga untuk keperluan perjalanan bisnis daypack sangat cocok untuk membawa laptop atau barang lainnya.

3. KOPER

Koper merupakan pilihan yang bagus bila perjalanan kita berpusat di kota yang sudah rapi secara infrastruktur. Kita hanya membawa tas tersebut dengan menarik pegangan koper tanpa perlu membebani punggung. Koper memiliki ruang yang lebih luas dan bagian-bagian khusus yang sudah disesuaikan dengan kepentingan konsumen, serta kita lebih bebas dan lebih rapi dalam menyusun barang bawaan. Tetapi membawa koper justru akan merepotkan karena harus menjinjing atau mengangkatnya jika melalui medan yang sulit.

Di Kutip dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment